In Travel

Pantai Menganti, Kebumen

Ritual mudik ke kampung halaman rasanya tidak akan lengkap apabila tidak diselingi dengan piknik bersama keluarga. Lebaran 1440 H hari ketiga, saya sekeluarga piknik ke salah satu pantai yang ada di Kebumen, yaitu Pantai Menganti. Menurut saya, pantai ini merupakan pantai yang paling indah di Kebumen. Pantai berpasir putih yang terdiri dari perbuktian dan bebatuan karang ini serasa tak beda jauh dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Pantai Menganti berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Kebumen, tepatnya terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Untuk sampai ke sini, ada 2 rute yang dapat dilalui, yaitu melalui Petanahan atau Gombong. Apabila Anda berjalan dari arah Barat (Jakarta dan sekitarnya), saya sarankan untuk menempuh rute Gombong, belok ke Jalan Karang Bolong. Namun, apabila Anda dari Timur (Yogyakarta dan sekitarnya), saya sarankan untuk menempuh rute Petanahan melalui jalur selatan yaitu mencoba Jalan Lingkar Selatan yang baru saja diresmikan belum lama ini. 

Sebagai tambahan, jika Anda memilih rute Petanahan, Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi keadaan jalan yang ekstrem. Tanjakan tinggi dan tikungan tajam akan sering Anda temui disepanjang rute, sehingga Anda perlu berpikir dua kali apabila kemampuan mengemudi Anda belum cukup lincah. Berikut ada beberapa gambar yang berhasil saya abadikan. Sebenarnya ada banyak spot di Pantai Menganti seperti Jembatan Merah, Lembah Menguneng, Mercusuar, hingga pasar ikan yang dipenuhi perahu-perahu nelayan yang berlabuh, namun karena keterbatasan waktu tidak semuanya saya kunjungi. Apabila singgah ke Kebumen, jangan lupa untuk berkunjung ke pantai ini. Semoga artikel ini membantu.
















Related Articles

0 comments:

Posting Komentar